Berawal dari Iman

Percaya diri, apa itu percaya diri? percaya diri adalah sikap seorang yang menunjukkan keyakinan pada dirinya sendiri sehingga orang tersebut melangkah tanpa ragu, mengambil keputusan, berjuang hingga memperoleh cita-cita yang ia harapkan. Kepercayaan pada diri sendiri membuat seseorang pantang menyerah, ia yakin bahwa apa yang ia usahakan tak akan pernah sia-sia, ia yakin akan menuai hasil memuaskan, oleh karena itu sekuat apapun goncangan, cobaan, dan rintangan yang dihadapi, orang yang percaya pada dirinya sendiri akan terus bangkit dan fokus pada tujuannya.
Kepercayaan pada diri ini tak akan tumbuh begitu saja. Kepercayaan ini akan kuat jika didasari keimanan. 
Berawal dari Iman


Mengapa para syuhada di zaman Rasulullah dengan suka cita dan kebahagiaan berangkat berjihat fii sabilillah menuju peperangan? mereka menantikan kematian di medan juang, mereka menginginkan mati syahid. Mengapa? Jawabnya karena merika beriman. Mereka percaya dengan seyakin-yakinnya bahwa apa yang dibawa oleh Rasulullah adalah kebenaren, mereka yakin semua yang disampaikan di dalam kitab suci Al-Quran adalah benar. Kebangkitan hari akhir benar, balasan syurga bagi mereka benar. Hingga keimanan ini menumbuhkan amunisi yang kuat bagi mereka, yang membuat mereka maju di garda terdepan, berjuang mengharapkan Rahmat Allah.


Begitu juga dalam mengarungi kehidupan ini, seorang yang beriman, percaya bahwa Allah Maha Penyayang, Maha Baik, Maha Agung, serta percaya dengan segala sifat Allah, maka tak akan ada kesedihan yang membuatnya merana dan melarat. Keimanan akan membuat seseorang yakin bahwa apapun yang disampaikan oleh Allah di dalam Al-Quran merupakan janji yang pasti Allah tepati. Bukankah di dalam Al-Quran banyak ayat-ayat yang jika dipelajari akan menenangkan hati dari kesedihan? seperti ayat-ayat berikut "Sesugguhnya Allah bersama orang-orang yang bersabar (2:153)", "Apakah balasan kebaikan selain kebaikan?(55:60)", "Sesungguhnya bersama kesusahan ada kemudahan(94:5,6)", dan masih banyak lagi ayat-ayat lainnya.
Berawal dari Iman



Jika keimanan sudah menjadi pondasi kehidupan, maka sesorang akan mendapatkan kepercayaan pada dirinya, melangkah dengan lebih pasti, bahagia mewujudkan impiannya.

Komentar